BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Standar
kompetensi adalah kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan
sikap,pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap tingkat
dan/atau semester.sebuah standar kompetensi dapat terdiri atas sejumlah
kompetensi dasar sebagai acuan baku yang harus dicapai dan berlaku secara
nasional. dengan kata lain,satu standar kompetensi dapat memiliki beberapa
kompetensi dasar.
Dalam
menjalankan sebuah proses pendidikan di indonesia, guru diwajibkan untuk bisa
mengembangkan materi pokok atau bahan ajar dari standar kompetensi yang di
berikan pemerintah. Kami selaku penulis yang berada dalam fakultas tarbiyah
ingin memberikan sedikit pengetahuan kepada para temen-temen mahasiswa yang
lain, khususnya pada jurusan PAI, mengenai Standar kompetensi dan kompetensi
Dasar Mata pelajaran PAI di SMP/MTs dan SMA/MA.
B.
Rumusan Masalah
·
Bagaimana
Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar Mata pelajaran PAI di SMP/MTs?
·
Bagaimana
Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar Mata pelajaran PAI di SMA/MA?
·
Bagaimana
pembagian Standar Kompetensi?
·
Apa yang
dimaksud standar kompetensi dan kompetensi dasar?
C.
Tujuan
Untuk Mengetahui standar kompetensi dan kompetensi dasar mata
pelajaran PAI di SMP/MTs atau SMA/MA.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian, Fungsi,
dan tujuan standar kompetensi, kompetensi dasar
Standar
kompetensi adalah kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan
sikap,pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap tingkat
dan/atau semester.sebuah standar kompetensi dapat terdiri atas sejumlah
kompetensi dasar sebagai acuan baku yang harus dicapai dan berlaku secara
nasional.dengan kata lain,satu standar kompetensi dapatmemiliki beberapa
kompetensi dasar.untuk mengkaji standar kompetensi mata pelajaran dapat
dilakukan dengan memperhatikan hal hal berikut:
·
Urutan
berdasarkan hirerki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi,
tidak harus selalu sesuai dengan ururtan yang ada di SI (seperti yang
dijelaskan dibawah).
·
Keterkaitan
antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran.
·
Keterkaitan
standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.
Kompetensi
dasar merupakan sejumlah kemampuan yang harus dimilki peserta didik dalam mata
pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator
kompetensi.kompetensi dasar merupakan penjabaran dari standar
kompetensi,sehinggga harus lebih terperinci,khusus,dan tajam,baik dalam hal
tututan penguasaan bahan ajar maupun pemilihan pengalaman belajar.untuk
mengkaji kompetensi dasar mata pelajaran dapat dilkukan dengan memperhatikan hal hal berikut:
·
Urutan
berdasarkan hirerki konsep disiplin ilmu dan /atau tingkat kesulitan
materi,tidak harus selalu sesuai dengan urutan yang ada dalam standar isi.
·
Ketrekaitan
antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam maata pelajaran.
Standar
Kompetensi Lulusan tersebut berfungsi sebagai criteria dalam menentukan
kelulusan peserta didik pada setiap satuan pendidikan; rujukan untuk penyusunan
standatr-standar pendidikan lain; dan merupakan arah peningkatan kualitas
pendidikan secara mendasar dan holistic pada jenjang pendidikan dasar dan
menengah, serta merupakan pedoman penialaian dalam penentuan kelulusan peserta
didik, yang meliputi kompetensi untuk seluruh mata pelajaran, serta mencakup
aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Standar
kompetensi lulusan pada jenjang pendidikan menengah umum bertujuan untuk
meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta
keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Sedangkan pada satuan pendidikan menengah kejuruan bertujuan untuk meningkatkan
kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk
hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.
Standar
kelulusan yang disajikan dalam bab ini merupakan peraturan Menteri Pendidikan
Nasional yang telah disahkan penggunaannya pada tanggal 23 Tahun 2006; yang
mencakup Standar Komepetensi Lulusan – Satuan Pendidikan (SKL-SP), Standar
Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP), serta Standar Kompetensi dan
Komepetensi Dasar (SKKD).
B.
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran PAI di SMP/MTs
1.
Standar
kompetensi lulusan[1]
1)
Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap
perkembangan remaja
2)
Menunjukkan sikap percaya diri
3)
Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan yang
lebih luas
4)
Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan
sosial ekonomi dalam lingkup nasional
5)
Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan
sumber-sumber lain secara logis, kritis, dan kreatif
6)
Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
7)
Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi
yang dimilikinya
8)
Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam
kehidupan sehari-hari
9)
Mendeskripsi gejala alam dan sosial
10)
Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab
11)
Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan
Republik Indonesia
12)
Menghargai karya seni dan budaya nasional
13)
Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya
14)
Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu
luang
15)
Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun
16)
Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di
masyarakat
17)
Menghargai adanya perbedaan pendapat
18)
Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis naskah pendek sederhana
19)
Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis
dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sederhanaMenguasai pengetahuan yang
diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah
2.
Standar
Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran PAI[2]
1)
Menerapkan tata cara membaca Al-qur’an menurut tajwid, mulai dari
cara membaca “Al”- Syamsiyah dan “Al”- Qomariyah sampai kepada menerapkan hukum
bacaan mad dan waqaf
2)
Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukun
iman mulai dari iman kepada Allah sampai kepada iman pada Qadha dan Qadar serta
Asmaul Husna
3)
Menjelaskan dan membiasakan perilaku terpuji seperti qanaah dan
tasawuh dan menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti ananiah, hasad,
ghadab dan namimah
4)
Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid dan
jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat
5)
Memahami dan meneladani sejarah Nabi Muhammad dan para shahabat
serta menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya Islam di nusantara
3.
Kompetensi Dasar
Pengembangan standar kompetensi ke dalam kompetnsi dasar mata
pelajaran PAI
Ruang lingkupnya meliputi
aspek-aspek sebagai berikut.
· Al-Qur’an dan
Hadits
· Aqidah
· Akhlak
· Fiqih
· Tarikh dan
Kebudayaan Islam
Pendidikan
agama islam menekankankeseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan
manusia dengan allah SWT, Hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan
manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
Berikut ini
adalah contoh SK dan KD pelajaran Agama islam untuk SMP/Mts;[3]
Kelas 7
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi dasar
|
Aqidah (semester 1)
·
meningkatkan
keimanan kepada Allah SWT melalui pemahaman dan sifat-sifatnya.
|
·
Membaca
ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat allah
·
Menampilkan
perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT
|
Akhlak (semester 2)
·
Membiasakan
Perilaku terpuji
|
·
Menjelaskan
arti kerja keras
·
Menampilkan
contoh perilaku kerja keras
·
Membiasakan
perilaku kerja keras, ulet, tekun dan teliti
|
Contoh lain dari pengembangan standar kompetensi ke kompetensi
dasar[4]
Mata Pelajaran
Kompetensi
Inti
|
Pendidikan Agama Islam
|
1. Menerima dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya serta menghargai penganut agama lain.
|
o Mengamalkan isi kandungan kandungan QS. Al-
Mujadilah (58): 11 dan QS. Ar-Rahman (55): 33
dalam kehidupan sehari-hari
o Mengamalkan isi kandungan kandungan QS.An
Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran (3):134 dalam kehidupan
sehari-hari
o Meyakini adanyaMalaikatsebagaiimplementasidaripemahamanRukunIman
o Melaksanakan thoharoh dalam kehidupan
sehari-hari
o Melaksanakan shalat wajib berjamaah sebagai
implementasi dari pemahaman rukun Islam
o Melaksanakan sholat Jum’at sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S Al Jum’ah ayat 9
|
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta tanah air, semangat kebangsaan,
mandiri, kerja sama dan kreatif dalam berinteraksi dengan kelompok sebaya
dan masyarakat lingkungan sekitar.
|
· Memilikiperilakusemangatmenuntutilmusebagaiimplementasidaripemahamansifat
Allah: Al-’Alim,
al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashirdariserta implementasi daripemahamansuratAl- Mujadilah (58): 11 dan QS. Ar-Rahman (55): 33
· Memilikiperilakuikhlas,sabardanpemaafsebagaiimplementasidaripemahamansuratQS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali
Imran (3):134,danhadistterkait
· Memilikisikapberimankepada
malaikat-malaikat Allah SWTyang tercermin dalam perilaku kehidupan sehari-hari
· Memiliki perilaku meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah
· Memiliki perilaku meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Madinah
|
3. Memahami
pengetahuan faktual, konseptual dan
prosedural dengan cara mengamati,
mengaitkan, mempertanyakan, menalar induktif, dan mencoba
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
lingkungan alam dan sosial yang terkait fenomena dan kejadian yang
tampak mata.
|
· Memahami
makna al-Asmaul-Husna:
Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
· Memahami makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli
· Memahami
isi kandungan QS. Al- Mujadilah (58): 11 dan QS. Ar-Rahman (55): 33,
serta Hadits tentang menuntut ilmu.
· Memahami isi kandungan QS.An Nisa (4):146,
QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran (3):134
· Memahami tata cara thoharah
· Memahami ketentuan-ketentuan dan tata cara
sholat berjamaah
|
C.
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran PAI di SMA/MA
1. Standar
Kompetensi Lulusan
1)
Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan
perkembangan remaja
2)
Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan
diri serta memperbaiki kekurangannya
3)
Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku,
perbuatan, dan pekerjaannya
4)
Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
5)
Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan
sosial ekonomi dalam lingkup global
6)
Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis,
kritis, kreatif, dan inovatif
7)
Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
dalam pengambilan keputusan
8)
Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk
pemberdayaan diri
9)
Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil
yang terbaik
10)
Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
11)
Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
12)
Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
13)
Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan
bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
14)
Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya
15)
Mengapresiasi karya seni dan budaya
16)
Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
17)
Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta
kebersihan lingkungan
18)
Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun
19)
Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di
masyarakat
20)
Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang
lain
21)
Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara
sistematis dan estetis
22)
Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara
dalam bahasa Indonesia dan Inggris
23)
Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan
tinggi
2.
Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran PAI
1)
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan fungsi manusia
sebagai khalifah, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
2)
Meningkatkan keimanan kepada Allah sampai Qadha dan Qadar melalui
pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna
3)
Berperilaku terpuji seperti hasnuzzhan, taubat dan raja dan
meninggalkan perilaku tercela seperti isyrof, tabzir dan fitnah
4)
Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi serta menjelaskan
hukum muamalah dan hukum keluarga dalam Islam
5)
Memahami sejarah Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode
Madinah serta perkembangan Islam di Indonsia dan di dunia
3.
Kompetensi
Dasar
Nama Sekolah : SMA
/ MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Al-Qur’an
Standar Kometensi : 1.
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di
bumi[5]
Kompetensi Dasar
|
1.1 Membaca Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14,
Az-Zariyat: 56 dan An Nahl : 78
|
1.2 Menyebut-kan
arti Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminun:
12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78
|
1.3 Menampil-kan perilaku
sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam Q.S. Al- Baqarah: 30,
Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78
|
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Akhlak
Standar Kometens : 4. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
|
4.1 Menyebut-kan pengertian perilaku husnuzhan
|
4.2 Menyebut-kan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri
sendiri dan sesama manusia
|
4.3 Membiasa-kan perilaku husnuzhan dalam
kehidupan sehari-hari
|
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
1.
Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran PAI diSMP/MTs
1) Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah,
demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
2)
Meningkatkan keimanan kepada Allah sampai Qadha dan Qadar melalui
pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna
3)
Berperilaku terpuji seperti hasnuzzhan, taubat dan raja dan
meninggalkan perilaku tercela seperti isyrof, tabzir dan fitnah
4)
Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi serta menjelaskan
hukum muamalah dan hukum keluarga dalam Islam
5)
Memahami sejarah Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode
Madinah serta perkembangan Islam di Indonsia dan di dunia
2.
Kompetensi Dasar
Pengembangan standar kompetensi ke dalam kompetnsi dasar mata
pelajaran PAI
Ruang lingkupnya meliputi
aspek-aspek sebagai berikut.
· Al-Qur’an dan
Hadits
· Aqidah
· Akhlak
· Fiqih
· Tarikh dan
Kebudayaan Islam
Pendidikan
agama islam menekankankeseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan
manusia dengan allah SWT, Hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan
manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
Berikut ini
adalah contoh SK dan KD pelajaran Agama islam untuk SMP/MTs;[6]
Kelas 7
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
dasar
|
Aqidah (semester 1)
·
meningkatkan
keimanan kepada Allah SWT melalui pemahaman dan sifat-sifatnya.
|
·
Membaca
ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat allah
·
Menampilkan
perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT
|
Akhlak (semester 2)
·
Membiasakan
Perilaku terpuji
|
·
Menjelaskan
arti kerja keras
·
Menampilkan
contoh perilaku kerja keras
·
Membiasakan
perilaku kerja keras, ulet, tekun dan teliti
|
3.
Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran PAI
1) Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah,
demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
2)
Meningkatkan keimanan kepada Allah sampai Qadha dan Qadar melalui
pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna
3)
Berperilaku terpuji seperti hasnuzzhan, taubat dan raja dan
meninggalkan perilaku tercela seperti isyrof, tabzir dan fitnah
4)
Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi serta menjelaskan
hukum muamalah dan hukum keluarga dalam Islam
5)
Memahami sejarah Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode
Madinah serta perkembangan Islam di Indonsia dan di dunia
4.
Komptensi Dasar
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Akhlak
Standar Kometens : 4. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
|
4.1 Menyebut-kan pengertian perilaku husnuzhan
|
4.2 Menyebut-kan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri
sendiri dan sesama manusia
|
4.3 Membiasa-kan perilaku husnuzhan dalam
kehidupan sehari-hari
|
DAFTAR PUSTAKA
Isdisusili,panduan lengkap
membuat silabus dan RP, (kata pena,
2012)
Mulyasa, kurikulum tingkat satuan
pendidikan, (Bandung; Rosda Karya, 2007)
Permendiknas-No.-23-tahun-2006
Silabus SMA JALAKSANA
[1] Permendiknas-No.-23-tahun-2006. lihat pada Mulyasa, kurikulum
tingkat satuan pendidikan, (Bandung; Rosda Karya, 2007) hal
[2] Permendiknas-No.-23-tahun-2006
[3] Isdisusili,panduan lengkap membuat silabus dan RP, (kata pena, 2012) hal 69-70
[5] Silabus SMA JALAKSANA
[6] Isdisusili,panduan lengkap membuat silabus dan RP, (kata pena, 2012) hal 69-70
0 Komentar untuk "Standar Kompetensi dan KompetensiI Dasar Mata Pelajaran PAI di SMP/MTs dan SMA/MA"