Standar Kompetensi dan KompetensiI Dasar Mata Pelajaran PAI di SMP/MTs dan SMA/MA

BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Standar kompetensi adalah kualifikasi kemampuan minimal peserta  didik yang menggambarkan penguasaan sikap,pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap tingkat dan/atau semester.sebuah standar kompetensi dapat terdiri atas sejumlah kompetensi dasar sebagai acuan baku yang harus dicapai dan berlaku secara nasional. dengan kata lain,satu standar kompetensi dapat memiliki beberapa kompetensi dasar.
Dalam menjalankan sebuah proses pendidikan di indonesia, guru diwajibkan untuk bisa mengembangkan materi pokok atau bahan ajar dari standar kompetensi yang di berikan pemerintah. Kami selaku penulis yang berada dalam fakultas tarbiyah ingin memberikan sedikit pengetahuan kepada para temen-temen mahasiswa yang lain, khususnya pada jurusan PAI, mengenai Standar kompetensi dan kompetensi Dasar Mata pelajaran PAI di SMP/MTs dan SMA/MA.
B.     Rumusan Masalah
·         Bagaimana Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar Mata pelajaran PAI di SMP/MTs?
·         Bagaimana Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar Mata pelajaran PAI di SMA/MA?
·         Bagaimana pembagian Standar Kompetensi?
·         Apa yang dimaksud standar kompetensi dan kompetensi dasar?
C.     Tujuan
Untuk Mengetahui standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran PAI di SMP/MTs atau SMA/MA.

BAB II
PEMBAHASAN

A.     Pengertian, Fungsi, dan tujuan standar kompetensi, kompetensi dasar
Standar kompetensi adalah kualifikasi kemampuan minimal peserta  didik yang menggambarkan penguasaan sikap,pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap tingkat dan/atau semester.sebuah standar kompetensi dapat terdiri atas sejumlah kompetensi dasar sebagai acuan baku yang harus dicapai dan berlaku secara nasional.dengan kata lain,satu standar kompetensi dapatmemiliki beberapa kompetensi dasar.untuk mengkaji standar kompetensi mata pelajaran dapat dilakukan dengan memperhatikan hal hal berikut:
·         Urutan berdasarkan hirerki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi, tidak harus selalu sesuai dengan ururtan yang ada di SI (seperti yang dijelaskan dibawah).
·         Keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran.
·         Keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.
Kompetensi dasar merupakan sejumlah kemampuan yang harus dimilki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi.kompetensi dasar merupakan penjabaran dari standar kompetensi,sehinggga harus lebih terperinci,khusus,dan tajam,baik dalam hal tututan penguasaan bahan ajar maupun pemilihan pengalaman belajar.untuk mengkaji kompetensi dasar mata pelajaran dapat dilkukan  dengan memperhatikan hal hal berikut:
·         Urutan berdasarkan hirerki konsep disiplin ilmu dan /atau tingkat kesulitan materi,tidak harus selalu sesuai dengan urutan yang ada dalam standar isi.
·         Ketrekaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam maata pelajaran.
Standar Kompetensi Lulusan tersebut berfungsi sebagai criteria dalam menentukan kelulusan peserta didik pada setiap satuan pendidikan; rujukan untuk penyusunan standatr-standar pendidikan lain; dan merupakan arah peningkatan kualitas pendidikan secara mendasar dan holistic pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, serta merupakan pedoman penialaian dalam penentuan kelulusan peserta didik, yang meliputi kompetensi untuk seluruh mata pelajaran, serta mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Standar kompetensi lulusan pada jenjang pendidikan menengah umum bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Sedangkan pada satuan pendidikan menengah kejuruan bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.
Standar kelulusan yang disajikan dalam bab ini merupakan peraturan Menteri Pendidikan Nasional yang telah disahkan penggunaannya pada tanggal 23 Tahun 2006; yang mencakup Standar Komepetensi Lulusan – Satuan Pendidikan (SKL-SP), Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP), serta Standar Kompetensi dan Komepetensi Dasar (SKKD).
B.     Standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran PAI di SMP/MTs
1.      Standar kompetensi lulusan[1]

1)      Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja
2)      Menunjukkan sikap percaya diri
3)      Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan yang lebih luas
4)      Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional
5)      Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain secara logis, kritis, dan kreatif
6)      Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
7)      Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya
8)      Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
9)      Mendeskripsi gejala alam dan sosial
10)  Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab
11)  Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
12)  Menghargai karya seni dan budaya nasional
13)  Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya
14)  Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
15)  Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun
16)  Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
17)  Menghargai adanya perbedaan pendapat
18)  Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis naskah pendek sederhana
19)  Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sederhanaMenguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah

2.      Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran PAI[2]
1)      Menerapkan tata cara membaca Al-qur’an menurut tajwid, mulai dari cara membaca “Al”- Syamsiyah dan “Al”- Qomariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf
2)      Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukun iman mulai dari iman kepada Allah sampai kepada iman pada Qadha dan Qadar serta Asmaul Husna
3)      Menjelaskan dan membiasakan perilaku terpuji seperti qanaah dan tasawuh dan menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti ananiah, hasad, ghadab dan namimah
4)      Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat
5)      Memahami dan meneladani sejarah Nabi Muhammad dan para shahabat serta menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya Islam di nusantara
3.      Kompetensi Dasar
                     Pengembangan standar kompetensi ke dalam kompetnsi dasar mata pelajaran PAI
                     Ruang lingkupnya meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
·                                                  Al-Qur’an dan Hadits
·                                                  Aqidah
·                                                  Akhlak
·                                                  Fiqih
·                                                Tarikh dan Kebudayaan Islam
                    Pendidikan agama islam menekankankeseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan allah SWT, Hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
                    Berikut ini adalah contoh SK dan KD pelajaran Agama islam untuk SMP/Mts;[3]
Kelas 7
Standar Kompetensi

Kompetensi dasar
Aqidah  (semester 1)
·         meningkatkan keimanan kepada Allah SWT melalui pemahaman dan sifat-sifatnya.
·         Membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat allah
·         Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT
Akhlak (semester 2)
·         Membiasakan Perilaku terpuji
·         Menjelaskan arti kerja keras
·         Menampilkan contoh perilaku kerja keras
·         Membiasakan perilaku kerja keras, ulet, tekun dan teliti

Contoh lain dari pengembangan standar kompetensi ke kompetensi dasar[4]

Mata Pelajaran
Kompetensi
Inti
Pendidikan Agama Islam
1. Menerima dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya serta menghargai penganut agama lain.
o  Mengamalkan isi kandungan kandungan QS. Al- Mujadilah (58): 11 dan QS. Ar-Rahman (55): 33  dalam kehidupan sehari-hari
o  Mengamalkan isi kandungan kandungan QS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran (3):134 dalam kehidupan sehari-hari
o  Meyakini adanyaMalaikatsebagaiimplementasidaripemahamanRukunIman
o  Melaksanakan thoharoh dalam kehidupan sehari-hari
o  Melaksanakan shalat wajib berjamaah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
o  Melaksanakan sholat Jum’at sebagai implementasi dari pemahaman Q.S Al Jum’ah ayat 9
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama dan kreatif dalam berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat lingkungan sekitar.
·     Memilikiperilakusemangatmenuntutilmusebagaiimplementasidaripemahamansifat Allah: Al-’Alim,  al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashirdariserta implementasi daripemahamansuratAl- Mujadilah (58): 11 dan QS. Ar-Rahman (55): 33
·     Memilikiperilakuikhlas,sabardanpemaafsebagaiimplementasidaripemahamansuratQS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran (3):134,danhadistterkait

·     Memilikisikapberimankepada malaikat-malaikat Allah SWTyang tercermin dalam perilaku kehidupan sehari-hari

·     Memiliki perilaku meneladani perjuangan  Nabi Muhammad SAW periode Mekah

·     Memiliki perilaku meneladani perjuangan  Nabi Muhammad SAW periode Madinah
3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dengan cara mengamati,  mengaitkan, mempertanyakan, menalar induktif, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,  lingkungan alam dan sosial yang terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.

·     Memahami  makna al-Asmaul-Husna:   Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
·     Memahami makna iman kepada malaikat  berdasarkan dalil naqli
·     Memahami  isi kandungan QS. Al- Mujadilah (58): 11 dan QS. Ar-Rahman (55): 33, serta Hadits tentang menuntut ilmu.
·     Memahami isi kandungan QS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran (3):134
·     Memahami tata cara thoharah
·     Memahami ketentuan-ketentuan dan tata cara sholat berjamaah

C.     Standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran PAI di SMA/MA
1.      Standar Kompetensi Lulusan
1)      Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
2)      Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
3)      Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
4)      Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
5)      Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global
6)      Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
7)      Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
8)      Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
9)      Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
10)  Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
11)  Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
12)  Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
13)  Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
14)  Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya
15)  Mengapresiasi karya seni dan budaya
16)  Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
17)  Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan
18)  Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun
19)  Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
20)  Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
21)  Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis
22)  Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
23)  Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan tinggi
2.      Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran PAI
1)      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
2)      Meningkatkan keimanan kepada Allah sampai Qadha dan Qadar melalui pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna
3)      Berperilaku terpuji seperti hasnuzzhan, taubat dan raja dan meninggalkan perilaku tercela seperti isyrof, tabzir dan fitnah
4)      Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi serta menjelaskan hukum muamalah dan hukum keluarga dalam Islam
5)      Memahami sejarah Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode Madinah serta perkembangan Islam di Indonsia dan di dunia


 3.      Kompetensi Dasar

Nama Sekolah                        :               SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran                      :               Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester     :               X / 1
Aspek                                        :               Al-Qur’an
Standar Kometensi             :               1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi[5]

Kompetensi Dasar
1.1    Membaca  Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl : 78

1.2    Menyebut-kan arti  Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78

1.3    Menampil-kan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam Q.S. Al- Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78















Nama Sekolah                         :   SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran                      :   Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester                     :   X / 1
Aspek                                         :   Akhlak
Standar Kometens                 :  4. Membiasakan perilaku terpuji

Kompetensi Dasar
4.1    Menyebut-kan pengertian perilaku  husnuzhan
4.2    Menyebut-kan contoh-contoh  perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia
4.3    Membiasa-kan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari









BAB III
PENUTUP
A.     Kesimpulan

1.      Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran PAI diSMP/MTs
1)      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
2)      Meningkatkan keimanan kepada Allah sampai Qadha dan Qadar melalui pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna
3)      Berperilaku terpuji seperti hasnuzzhan, taubat dan raja dan meninggalkan perilaku tercela seperti isyrof, tabzir dan fitnah
4)        Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi serta menjelaskan hukum muamalah dan hukum keluarga dalam Islam
5)      Memahami sejarah Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode Madinah serta perkembangan Islam di Indonsia dan di dunia
2.      Kompetensi Dasar
                     Pengembangan standar kompetensi ke dalam kompetnsi dasar mata pelajaran PAI
                     Ruang lingkupnya meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
·                                                  Al-Qur’an dan Hadits
·                                                 Aqidah
·                                                 Akhlak
·                                                 Fiqih
·                                                 Tarikh dan Kebudayaan Islam
                    Pendidikan agama islam menekankankeseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan allah SWT, Hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
                    Berikut ini adalah contoh SK dan KD pelajaran Agama islam untuk SMP/MTs;[6]

Kelas 7
Standar Kompetensi

Kompetensi dasar
Aqidah  (semester 1)
·         meningkatkan keimanan kepada Allah SWT melalui pemahaman dan sifat-sifatnya.
·         Membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat allah
·         Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT
Akhlak (semester 2)
·         Membiasakan Perilaku terpuji
·         Menjelaskan arti kerja keras
·         Menampilkan contoh perilaku kerja keras
·         Membiasakan perilaku kerja keras, ulet, tekun dan teliti

3.      Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran PAI
1)      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
2)      Meningkatkan keimanan kepada Allah sampai Qadha dan Qadar melalui pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna
3)      Berperilaku terpuji seperti hasnuzzhan, taubat dan raja dan meninggalkan perilaku tercela seperti isyrof, tabzir dan fitnah
4)      Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi serta menjelaskan hukum muamalah dan hukum keluarga dalam Islam
5)      Memahami sejarah Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode Madinah serta perkembangan Islam di Indonsia dan di dunia
4.      Komptensi Dasar
Nama Sekolah        :               SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran      :               Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester     :               X / 1
Aspek            :   Akhlak
Standar Kometens :  4. Membiasakan perilaku terpuji 

Kompetensi Dasar
4.1    Menyebut-kan pengertian perilaku  husnuzhan
4.2    Menyebut-kan contoh-contoh  perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia
4.3    Membiasa-kan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari









DAFTAR PUSTAKA

Isdisusili,panduan lengkap membuat silabus dan RP,  (kata pena, 2012)
Mulyasa, kurikulum tingkat satuan pendidikan, (Bandung; Rosda Karya, 2007)
Permendiknas-No.-23-tahun-2006
Silabus SMA JALAKSANA



[1] Permendiknas-No.-23-tahun-2006. lihat pada Mulyasa, kurikulum tingkat satuan pendidikan, (Bandung; Rosda Karya, 2007) hal
[2] Permendiknas-No.-23-tahun-2006
[3] Isdisusili,panduan lengkap membuat silabus dan RP,  (kata pena, 2012) hal 69-70
[5] Silabus SMA JALAKSANA
[6] Isdisusili,panduan lengkap membuat silabus dan RP,  (kata pena, 2012) hal 69-70

Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Standar Kompetensi dan KompetensiI Dasar Mata Pelajaran PAI di SMP/MTs dan SMA/MA"

Terima Kasih Sudah Berkomentar